IO-Ketua International Office UIN Alauddin Makassar, Dr. Serliah Nur, M.Hum., M.Ed melakukan kunjungan benchmarking ke Kantor Urusan Internasional (KUI) atau Office of International Affairs Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta pada Hari Rabu, 29 Mei 2024. Direktur KUI, Dr.rer.nat. Dian Sari Utami, S.Psi., M.A. menyambut hangat kedatangan International Office UIN Alauddin Makassar di kantor KUI, Gedung Kuliah Umum Prof. Sardjito Lantai 3, Universitas Islam Indonesia.

Kunjungan Ketua IO kali ini membahas mengenai penguatan lembaga, sharing ilmu tentang prosedur perekrutan mahasiswa asing, serta jenis beasiswa yang diberikan oleh kedua lembaga kepada mahasiswa asing yang ingin berkuliah di UIN alauddin Makassar maupun Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Direktur KUI secara singkat memaparkan sejarah terbentuknya KUI ini, KUI sendiri telah terbentuk sejak tahun 2014 namun berdiri secara mandiri yaitu pada tahun 2018. Beliau juga memperkenalkan divisi-divisi yang ada pada KUI. Adapun divisi-divisi tersebut masing-masing mempunyai Kepala/Ketua yaitu Kepala Divisi Kemitraan Luar Negeri Dr. Joni Aldilla Fajri, S.T., M.Eng., Kepala Divisi Kemitraan Dalam Negeri Bambang Suratno, S.T., M.T., Ph.D., dan Kepala Divisi Mobilitas Internasional Nihlah Ilhami, S.Pd. Masing-masing divisi mempunyai peranan dan tugas yang berbeda dimana dalamhal ini tentu saja demi kemajuan dan kesejahteraan lembaga.

Kepala Divisi Mobilitas Internasional, Nihlah Ilhami S.Pd., mejelaskan keadaan dan situasi mahasiswa asing di UII, saat ini terdapat 92 mahasiswa asing yang berasal dari beberapa negara seperti Yaman, Thailand, Filipina, dan Pakistan. dan mahasiswa asing yang berasal dari Yaman mendominasi yaitu sekitar 60% dari jumlah seluruh mahasiswa asing di UII. Ibu Nihlah juga memaparkan prosedur rekrutmen mahasiswa asing, persyaratan, dan jenis beasiswa yang ditawarkan oleh UII.

Dengan adanya kunjungan ini, kedua belah pihak jelas memperoleh insight dan perbedan-perbedaan yang signifikan mengenai tata kelola lembaga, namun dengan ini IO UIN Alauddin Makassar sangat bersyukur mendapat kesempatan yang luar biasa karena mendapatkan banyak pembelajaran dari KUI UII guna kemajuan IO sendiri.

Sehari sebelumnya, Selasa 28 Mei 2024 IO juga berkesempatan mengunjungi International Office UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta dan disambut baik oleh Kepala IO atau Center for Developing Cooperation and International Affairs (CDCIA) Ambar Sari Dewi, S.Sos., M. Si., Ph.D di kantor IO/CDCIA Gedung Rektorat Lantai 2. Seperti pada kunjungan di UII, kedatangan IO UIN Alauddin juga bermaksud untuk melakukan sharing ilmu tentang penguatan kelembagaan.

Ibu Ambar menjelaskan bahwa IO/CDCIA ini merupakan lembaga non struktural di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk mengembangkan kerjasama dan hubungan dengan mitra universitas di luar negeri. Terdapat 192 mahasiswa asing yang berkulah di UIN SUnan Kalijaga dan tersebar dari beberapa negara seperti Brunei Darussalam, Sudan, Thailand, Aghanistan, dan Malaysia.

Berbeda dengan IO UIN Alauddin Makassar, di UIN Sunan Kalijaga, International Office mempunyai perwakilan pada masing-masing fakultas untuk mengawasi kegiatan perkuliahan mahasiswa asing, sehingga membatu pekerjaan IO pusat.

Dengan adanya kunjungan ke IO/CDCIA dan KUI UII ini diharapkan ke depannya IO UIN Alauddin Makassar dapat menjalin kerjasama yang baik dengan kedua kampus yang bereputasi unggul ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *