Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UIN Alauddin Makassar) mengikuti kegiatan Sosialisasi Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang diselenggarakan oleh Balai Badan Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan pada Rabu, 3 April 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Pertemuan Perpustakaan UIN Alauddin Makassar dan dihadiri oleh kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan Dr. Ganjar Harimansyah M.Hum., Ketua Tim KKLP BIPA Andi Herlina M.Pd., Kepala UPT. Pusat Pengembangan Bahasa UIN Alauddin Makassar Prof. Dr. Hj. St. Azisah M.Ed St., Ph.D., Ketua International Office (IO) Dr. Serliah Nur S.Pd., M.Hum., M.Ed., Dosen Bahasa Indonesia Dr. Andi Halimah M.Pd. dan Dra. Hamsiah Djafar M.Hum., beberapa staf serta mahasiswa asing dari UIN Alauddin Makassar.

Dalam sosialisasi ini, Dr. Ganjar Harimansyah menjelaskan bahwa program BIPA sangat penting untuk dilaksanakan seiring dengan meningkatnya minat global terhadap bahasa dan budaya Indonesia. Beliau juga menyampaikan beberapa hal terkait program BIPA, mulai dari landasan hukum, tujuan, sasaran, hingga kiat bagi para dosen dalam menyusun materi dan metode pembelajaran BIPA yang efektif. Ia juga menerangkan betapa pentingnya jaringan BIPA pada kancah internasional  sebagai ajang mengajar.

International Office UIN Alauddin Makassar telah melaksanakan program BIPA untuk mahasiswa asing selama 2 minggu. Dr. Serliah Nur selaku ketua IO memiliki harapan yang besar agar kelak mahasiswa asing yang berkuliah UIN Alauddin Makassar dapat mengikuti program BIPA sebelum memasuki perkuliahan, sehingga memudahkan mahasiswa asing untuk menerima materi yang diberikan. Alangkah baiknya jika kultural Indonesia disertakan dalam program BIPA. Dengan mempelajari konteks budaya, norma-norma dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia terutama di Sulawesi Selatan, tujuannya untuk membekali pelajar BIPA agar mampu berbahasa Indonesia sesuai dengan situasi dan kondisi.

Di akhir kegiatan ibu Andi Herlina memberikan informasi tambahan terkait langkah-langkah pencatatan jaringan lembaga penyelenggaraan program BIPA. Ini bertujuan agar pemelajar BIPA dapat memperoleh informasi yang akurat mengenai lembaga-lembaga penyelenggara program BIPA dan membantu mereka dalam memilih lembaga yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *