IO- Hari ini, Senin 26 Februari 2024, International Office kedatangan tamu dari Alliance Francaise Makassar (AFM). Adapun maksud kedatangan mereka yakni untuk mempresentasikan Summer Course for Foreign Students, didampingi oleh beberapa staff dari AFM, Direktur dari Summer Courses, Gilles Losseroy disambut langsung oleh Ketua International Office, Dr. Serliah Nur, M.Ed.

Summer Course yang ditawarkan oleh AFM, merupakan salah satu program kursus Bahasa Perancis di bawah naungan University of Loraine, Nancy, Perancis yang diadakan pada musim panas yaitu sekitar bulan Juni-Juli setiap tahunnya. Gilles menjelaskan bahwa kursus tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa asing. Kursus ini terdiri dari stage Beginners sampai Advanced dengan berbagai jenis kursus disertai harga dan kumulasi waktu kursus di setiap jenisnya. Ada 4 (empat) jenis kursus yang ditawarkan, yaitu tipe A, B, C, dan D, dengan kisaran harga 1660-2250 Euro atau sekitar 27-38 juta per satu kali kursus (3-4 minggu). Dengan kisaran harga tersebut, sangat worth it dengan fasilitas yang ditawarkan yakni tempat tinggal, biaya kursus, makan 3 kali sehari dan segala pembiayaan tambahan seperti perjalanan wisata setiap akhir pekan, serta jaminan mendapatkan pengalaman, pengetahuan, serta jaringan pertemanan dari berbagai negara.

Pemutaran Video tentang Summer Course
Pemutaran Video tentang Summer Course

Kegiatan kursus yang dijabarkan oleh Mr. Gilles ini menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris dan Perancis. Kursus ini sangat menarik karena sistem kursus mereka selain belajar secara forml di dalam kelas, mereka juga memberikan style learning yang menyenangkan seperti learning by doing yaitu belajar melalu kegiatan memasak, menyanyi, bermain drama, menonton film, dan sebagainya. Dan setiap akhir pekan para peserta kursus akan diajak berwisata mengelilingi kota Nancy bahkan Paris.

Mengakhiri pertemuan antara IO dan AFM, kedua belah pihak berharap bisa menjalin kerjasama dan berharap ada beberapa mahasiswa yang tertarik mengikuti kegiatan Summer Course ini dengan bantuan IO dalam menyebarkan flyer dan informasi kursus tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *